Secara umum ada 2, yaitu garansi seumur hidup dan garansi terbatas 1 dan 2 tahun. Selain itu, ada produk yang sebagian digaransi dan ada produk tertentu yang tidak masuk dalam garansi.
Tanya Jawab Garansi
- Ada berapa macam garansi untuk produk yang dijual Tupperware?
- Mengapa ada perbedaan jenis garansi seperti disebutkan di atas?
Perbedaan jenis garansi ini dilakukan mengingat luasnya produk range Tupperware dan sifat dari material produk itu sendiri. Yang perlu diingat, setiap produk Tupperware mempunyai masa pakai yang sangat panjang dengan perawatan dan pemakaian yang benar. Untuk produk plastik, anda akan mendapatkan jaminan garansi seumur hidup sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
- Apakah bisa disebutkan perbedaan jenis-jenis garansi tersebut?
Pada dasarnya, garansi seumur hidup berlaku untuk produk plastik Tupperware, sementara garansi terbatas untuk non plastic, seperti cookware, diffuser, melamin, dan item thermal. Yang tidak digaransi berupa produk dari material khusus, mengandung logam, asesoris, recycline produc, toys/mainan, alat ukur, gift. Garansi sebagian merupakan kombinasi dari garansi seumur hidup dan produk yang tidak masuk dalam garansi.
- Bagaimana cara melakukan klaim produk Tupperware?
Silakan akses link https://shop.tupperware.co.id/warranty dan ikuti ketentuannya. Anda perlu register lebih dahulu untuk mendapatkan akun Tuppershop yang akan menginformasikan setiap proses dan hasil dari klaim Anda, termasuk voucher.
- Jika saya gaptek dan tidak menguasai cara klaim yang disarankan, apa yang harus saya lakukan?
Anda bisa mencoba lebih dulu untuk merasakan pengalaman melakukan klaim sendiri mengingat sebenarnya cara klaim Tupperware tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa juga berkonsultasi dengan SF Tupperware. Mereka akan membantu menjelaskan proses klaim ini dengan senang hati.
- Apakah semua klaim akan disetujui? Jika tidak, apakah saya bisa mendapatkan kembali produk saya yang ditolak tersebut?
Klaim yang memenuhi persyaratan akan disetujui dan Anda akan mendapatkan penggantian. Jika ternyata klaim ditolak, maka produk milik Anda tersebut akan kami kembalikan.
- Untuk garansi seumur hidup, apakah klaim produk Regular dan Non Regular masih berlaku?
Dengan sistem garansi yang berlaku saat ini, maka penyebutan 2 kategori di atas menjadi tidak berlaku lagi. Konsumen akan mendapatkan 2 pilihan klaim, yaitu klaim individual atau klaim set:
- Klaim individual adalah klaim dimana 1 tiket mengakomodasi 1 komponen mold (1 nomor mold) yang diklaim ke Tupperware.
- Klaim set adalah klaim dimana 1 tiket mengakomodasi sampai dengan 5 komponen mold berbeda (5 nomor mold) yang diklaim ke Tupperware.
- Apakah yang disebut dengan nomor mold? Bagaimana cara mengetahui nomor mold tersebut?
Nomor mold adalah identitas teknis cetakan produk Tupperware yang terdiri dari 3 s/d 5 angka. Posisi nomor mold tersebut biasanya ada di bagian bawah.
Pada gambar di samping, nomor mold adalah 7746. Nomor ini yang harus dimasukkan dalam form saat melakukan klaim.
- Baik, saya ingin melakukan klaim sekarang. Apa selanjutnya yang harus saya lakukan?
Selain mengisi form klaim yang ada di website, anda perlu menyerahkan barang defective ke TWS atau BC Tupperware terdekat. Jangan lupa memberikan identitas pada produk anda dengan nomor tiket yang disubmit melalui system garansi.
- Apakah TWS dan BC itu?
TWS singkatan ddari Tupperware Warranty Spot. Orang yang diberikan otoritas oleh Tupperware untuk menerima klaim Anda disebut dengan TWS Owner. BC singkatan dari Business Center, yaitu gerai resmi Tupperware dimana semua produk yang diklaim konsumen akan dikirim oleh BC ini ke Tupperware untuk di evaluasi. Penggantian produk klaim Anda dari Tupperware akan melalui rantai BC dan TWS ini.
- Berapa banyak produk yang bisa saya klaim dalam 1 bulan?
Untuk saat ini, Anda bisa melakukan klaim sebanyak 10 tiket/bulan. Jumlah ini merupakan kombinasi dari tiket klaim individual dan set.
- Apakah produk plastik pecah setelah disimpan di freezer bisa diklaim?
Jika yang pecah adalah item untuk pemakaian freezer, bisa. Yang termasuk dalam kategori ini adalah Dateline Canister, semua seri Freezer Mate, Ice Tray, Aquaman Bottle, Ice-Tup, dan semua item dengan kode freezer. Produk regular dari PP seperti Eco Bottle biasa jika pecah dari freezer tidak akan diganti.
- Untuk produk rapuh apa bisa diganti?
Semua kasus terkait dengan degradasi/menurunnya kualitas material seiring dengan waktu maka akan diganti.
- Bagaimana dengan produk rapuh tapi ada gigitan tikus atau terbakar/meleleh?
Jika kondisi rapuh lebih dominan (sekitar 80%) dan gigitan tikus atau meleleh tersebut bisa dianggap minor (maksimal 20%), maka bisa diganti.
- Bagaimana dengan serbuk putih akibat gigitan kutu? Apakah bisa diganti?
Untuk produk baru dan belum pernah dipakai, akan diganti. Untuk produk lama dan sudah pernah dipakai, tidak akan diganti.
- Produk PC saya retak. Apakah bisa diganti?
Retakan tersebut berasal dari internal stress yang muncul belakangan karena pemakaian yang sudah cukup lama. Kasus retak ini bisa diganti.
- Jika produk saya pecah sedikit tetapi secara fungsi tidak terganggu, apakah bisa diklaim?
Tidak. Klaim hanya bisa dilakukan untuk kerusakan yang mengganggu fungsi produk dengan mempertimbangkan syarat dan ketentuan yang berlaku.
- Untuk produk lama yang fittingnya semakin longgar, apakah bisa diganti?
Jika di saat baru fitting berfungsi normal, maka kasus seal longgar setelah pemakaian tidak akan diganti.
- Turbo Chopper saya sebelumnya berfungsi normal. Tetapi setelah saya pakai mencacah makanan menjadi tidak bisa berputar. Apakah bisa diganti?
Tidak. Di dalam tutup Turbo Chopper terdapat mekanisme roda gigi dari plastik. Kemungkinan roda gigi tersebut aus karena dipaksakan untuk mencacah makanan yang terlalu keras. Selalu pastikan anda membaca cara pemakaian yang benar untuk menghindari issue tersebut.
- Apakah dalam 1 tiket set boleh dimasukkan 2 item set berbeda? Misalnya seal dan base Giant Tumbler dan seal dan base Lolly Tup?
Tidak boleh. 1 tiket set hanya boleh untuk komponen-komponen yang memang diperuntukkan 1 set item saja.